Toprak Razgatlioglu Jadi Yang Tercepat di Mandalika

Pangkalpinang Aspirasipos.com — Pembalap asal Yamaha, Toprak Razgatlioglu keluar sebagai juara dunia usai Race 1 WSBK Mandalika 2021 di Sirkuit Mandalika, Minggu 21/11/2021.

Hasil Race 1 WSBK Mandalika 2021 seperti dikutip CNN sebagai berikut :

1. Jonathan Rea
2. Toprak Razgatlioglu +0,670 detik
3. Scott Reding +2,155
4. Andrea Locatelli +7,644
5. Axel Bassani +8,133
6. Michael van der Mark +9,809
7. Alvaro Bautista +13,949
8. Chaz Davies +14,059
9. Leandro Mercado +22,907
10. Tom Sykes 25,525

Jalannya race

Toprak keluar sebagai juara dunia baru walau hanya finis kedua di belakang Jonathan Rea. Posisi ketiga ditempati oleh Scott Redding.

Toprak memastikan gelar dengan keunggulan 25 poin atas Rea di posisi kedua. Sisa 25 poin sebenarnya masih diperebutkan di Race 2 tetapi Toprak unggul kemenangan Race 1 dan 2 di WSBK sepanjang musim ini.

Toprak yang menempati posisi pole sempat terlempar ke posisi ketiga. Namun, pembalap asal Turki itu bisa kembali ke posisi kedua di lap kedua.

Toprak tak menemui kesulitan berarti untuk melewati Scott Redding. Satu lap berselang, Toprak bahkan mampu melewati Rea yang ingin menjaga asa meraih gelar WSBK musim ini.

Persaingan untuk posisi depan masih sengit karena pembalap asal Italia, Axel Bassani bisa melewati Rea di lap keempat.

Bassani yang tampil cepat di awal balapan pun mampu merebut pimpinan lomba untuk sementara. Namun, Bassani tidak bertahan lama karena kesulitan untuk mempertahankan posisinya.

Rea kemudian mengambil alih pimpinan balapan saat balapan tersisa 15 lap. Toprak sempat melewati Rea tetapi pembalap asa Inggris itu kembali bisa merebut posisi terdepan.

Toprak tidak menyerah. Kerja kerasnya berbuah manis karena berhasil melewati Rea di tikungan ke-10 saat balapan tersisa 12 lap.

Persaingan antara Rea dan Toprak semakin sengit. Saling salip di antara kedua pembalap terjadi dan Toprak pada akhirnya mampu kembali mengambil alih posisi pimpinan balapan.

Saat balapan tersisa 9 lap, Redding yang semula kesulitan justru bisa tampil cepat. Pembalap asal Inggris itu bahkan bisa memimpin balapan saat Toprak melebar di tikungan yang membuat Redding memimpin balapan diikuti oleh kompatriotnya, Rea di posisi kedua.

Lima Lap Terakhir

Posisi terdepan yang dimiliki Redding mampu direbut oleh Rea memasuki lima lap tersisa. Setelah Rea memimpin balapan, pertarungan sengit terjadi antara Redding dan Toprak untuk posisi kedua.

Toprak kemudian bisa melewati Redding di tikungan setelah trek lurus memasuki tiga lap terakhir. Posisi kedua bisa dipertahankan Toprak hingga finis.

Posisi itu sudah cukup untuk memastikan Toprak juara WSBK 2021 meski Rea keluar sebagai juara Race 1 WSBK Mandalika. (*)

CNN

Tinggalkan Balasan